Orang - orang yang didoakan malaikat (2)

ldii-infaq

Dari pencarian saya, doa malaikat itu mampir kepada orang - orang yang mau berinfak. Apa isi doa malaikat kepada orang yang mau berinfaq? Inilah atsarnya.

Dari Abu Huroiroh r.a., dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Tiada hari dimana seorang hamba mendapatkan waktu pagi, melainkan ada 2 malaikat yang turun, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang menahan (pelit)’” (Rowahu Imam Bukhari - Shahih Bukhari no. 1442 dan Imam Muslim - Shahih Muslim no. 1010)

Saya jadi ingat pengalaman waktu kecil dulu. Kalau saya punya mainan atau makanan, jika terbersit niat yang jelek – pelit maksudnya, gak mau berbagi dengan yang lain, mesti barang itu malah hilang entah ke mana. Atau malahan jadi rusak, gak bisa dipakai. Juga ketika dikasih uang Ibu. Pertama tergerak niat mau infaq tapi gak jadi, ndilalah duit itu malah ilang. Infaq gak dapat, jajan juga kagak. Dan kejadian itu seakan sering berulang dalam kehidupan saya. Sampai saat mengetahui hadist di atas, baru saya sadar. Ternyata ada malaikat yang berdoa ‘kerusakan’ bagi orang yang menahan atau pelit berinfaq. Kojur sudah.
Karena itu, mulailah setiap hari kita dengan berinfaq. Tidak harus uang. Bisa juga dalam bentuk makanan. Atau barang lainnya. Tipnya, bagi yang banyak hidup di jalanan, sediakanlah makanan, seperti permen misalnya, yang bisa dibagi kapan saja kepada peminta – minta. Atau bisa dengan perkataan yang baik, amar ma’ruf.  Untuk apa? Agar kita mendapat doa malaikat, yang akan mengganti apa yang kita infakkan. Ingat, gantinya Allah itu berlipat lo, dan tidak kita sangka – sangka, datangnya. Dan sak apes – apesnya, kerjakanlah solat dhuha dua rekaat. Susah? Harusnya bisa.
Diriwayatkan oleh al-Baihaqi, dari jalan al-Hakim, dan lafadznya di salah satu riwayatnya, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada hari dimana mataharinya terbit, melainkan di kedua sisinya terdapat dua malaikat yang berseru yang seruannya didengar oleh semua makhluk Allah kecuali dari jin dan manusia, ‘Wahai manusia marilah kepada Rab kalian, karena sesungguhnya yang sedikit dan mencukupi adalah lebih baik daripada yang banyak dan melalaikan.’ Dan matahari tidak terbenam melainkan di kedua sisinya terdapat dua orang malaikat malaikat yang berseru yang seruannya didengar oleh semua makhluk Allah kecuali dari jin dan manusia, ‘Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang berinfaq dan berikanlah kerusakan kepada orang yang menahan.’ Dan Allah menurunkan dalam hal ucapan dua malaikat ini (yaitu Surat Yunus ayat 25) ‘Dan Allah menyeru mereka ke Darussalam dan menunjuki orang yang dikehendakiNya kepada jalan yang lurus.’ Dan menurunkan tentang ucapan dua malaikat  ‘Ya Allah berikanlah ganti kepada orang yang berinfaq dan berikanlah kerusakan kepada orang yang menahan,’ (dalam Surat al-Lail ayat 1 – 10), ‘Demi malam ketika menutupi, dan siang apabila terang benderang, dan penciptaan laki-laki dan perempuan, sesungguhnya usaha kalian memang berbeda – beda. Adapun orang yang memberi dan bertakwa, dan membenarkan dengan kebaikan, maka Kami mudahkan baginya kemudahan. Dan adapun orang yang kikir dan merasa kaya, serta mendustakan kebaikan, maka Kami mudahkan baginya kesulitan.”
Mari merebutnya…!

oleh: Faizunal Abdillah 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - dpermadi

    alhamdulilahjazaqollohukhoiro...atas nasehatnya yang sangat bermanfaat.

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII