Orang - orang yang didoakan malaikat (7)

ldii-mencari-ilmu

Berbahagialah orang – orang yang mencari ilmu. Di samping mempunyai kefadholan – kefadholan lain yang telah banyak diketahui, dia termasuk salah satu orang yang didoakan malaikat. Orang yang mencari ilmu dimintakan ampun oleh para malaikat – makhluk langit. Jadi kenapa mesti berhenti, gerakkanlah terus semangat mencari ilmu.  Tholabul ilmi. Semangatlah untuk terus mengaji. Nderes dan mengaji.

Dari Abu Ad-Darda’, dia berkata, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa meniti sebuah jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap – sayapnya kepada para pencari ilmu karena ridha dengan apa yang dia lakukan. Sesungguhnya seorang alim dimohonkan ampunan untuknya oleh penghuni langit dan bumi sampai ikan – ikan di dalam air. Dan keutamaan orang yang berilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaan rembulan di atas semua bintang – bintang. Dan sesungguhnya para ulama itu adalah pewaris para Nabi, sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, akan tetapi mewariskan ilmu, maka barangsiapa mengambilnya maka dia telah mengambil bagian yang sempurna.”  (Rowahu Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah – K. Adillah hal 11).
Dalil di atas berlaku untuk orang yang mencari ilmu. Untuk yang mengajarkan ilmu dan atau kebaikan juga didoakan para malaikat. Jadi jangan pelit kalau berilmu. Sebarkanlah dan ajarkanlah kepada yang lain. Walau telah mendengar pada hal yang sama, barangkali adanya  ulangan, mungkin tambah nandes. Tambah dalam dan faham.
Dari Abu Umamah Al-Bahily r.a., berkata, Ada dua orang yang disebut – sebut di depan Rasulullah SAW, salah satunya adalah ahli ibadah dan yang lainnya adalah ahli ilmu, maka Rasulullah SAW bersabda, “Keutamaan ahli ilmu atas ahli ibadah adalah seperti keutamaanku di atas orang terendahnya kalian.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya Allah dan para malaikat dan penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi)
Dan diriwayatkan oleh al-Bazzar dari Hadits Aisyah secara ringkas, “Segala sesuatu sampai ikan besar di laut memintakan ampun bagi orang yang mengajar kebaikan.”
Duh, alangkah terbukanya kesempatan ini. Mari kita coba petik dan laksanakan mulai hari ini. Niscaya ampunan dan sholawat akan selalu bersama kita. Setidaknya kita aware, bahwa kesempatan mendapatkan doa para malaikat itu ada buat kita. Ayo meraihnya…! Bisa tholabil ilmu, atau mualimun nas, atau dua – duanya. Kok,….mubaligh lurr..!

  oleh: Faizunal Abdillah

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - Udin

    Bagus nasehatnya bs nambahin semangat untuk mencari ilmu. Ajkhr

    0 Like
  • Guest - Budi

    Alhamdulillah jazaakallohu khoiro... :D :-)

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII