Trend Rekrutmen Karyawan Melalui Social Media

trend rekrutmen karyawan melalui sosial mediaCari kerja melalui social media bukan lagi hal aneh di masa kini. Tahun 2012 ini diprekdisikan makin banyak perusahaan yang merekrut karyawan dengan mengandalkan social media seperti Linkedin, Twitter, dan Facebook. OnlineDegrees.Com menyebut, 80% perusahaan di Amerika berharap dapat merekrut karyawan dan mengumumkan lowongan dari social media.

Sebanyak 98% perusahaan merasa sukses mendapat karyawan dari situs Linkedin. Sedangkan yang merasa berhasil mendapatkan orang yang sesuai dari Twitter hanya 42%, dan dari Facebook 33%. Fakta ini tidak terlepas dari fungsi social media yang bersangkutan. Linkedin memang mengkhususkan di bidang layanan social media bagi para pekerja professional untuk meningkatkan karier atau para pebisnis yang mencari rekan bisnis dan kandidat karyawan. Sedangkan Twitter dan Facebook adalah social media dengan skup yang lebih luas.

Kenapa perusahaan berminat merekrut karyawan dari social media? Alasannya cukup bervariasi. Selain menghemat biaya, dapat membuat brand-nya lebih dikenal, dan mampu lebih tepat sasaran dalam merekrut karyawan yang sesuai kriteria mereka. Perusahaan perekrut merasa dengan social media maka mereka lebih terkoneksi dengan orang-orang yang memang pas dengan segmennya.

Saat melakukan pencarian kandidat karyawan, hal yang paling menarik perhatian dari para perekrut adalah profesi orang yang bersangkutan, dan foto profil mereka. Maka, jangan segan-segan memamerkan profesi dan foto diri yang menarik dan mencerminkan profil dirimu. [Internet Sehat]

Sumber

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - Faqih

    Sangat setuju sekali, selain itu penggunaan social media juga memudahkan pencari kerja dalam mencari info mengenai perusahaan bersangkutan,,

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII