Akibat Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

akibat menggunakan laptop tanpa baterai

Laptop sudah merupakah perangkat penting untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mencharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptopnya sambil mengoperasikan laptop.

Tetapi di samping itu, banyak sekali timbul opini dari orang-orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat yang mengatakan justru kalau bermain laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru merusakkan perangkat-perangkat laptop.

Sebenarnya keduanya tidak salah, tetapi perlu diketahui kalau bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan langsung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop langsung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan langsung menuju ke hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yg berlebihan dan mempercepat kerusakan. Selain menyimpan daya, baterai juga menyesuaikan arus yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.

Selain itu, jika terjadi mati lampu dan listrik PLN yang tidak stabil, tentu sangat membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan dari pada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal di bandingkan baterai. Lagi pula kinerja baterai latop biasanya akan menurun di usia 2-3 tahun.

 

Sumber

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Alhamdulillah jaza kumullohukhoiro atas arikelnya.<br />Namun saya ingin menambahkan, kalau mengoperasikan tanpa baterai tidak akan berpengaruh terhadap hardware secara langsung, karena sudah ditahan oleh catu daya (AC to DC) adaptor carger, sehingga jika terjadi konsleting, makan adaptor yang akan menanggung kerusakannya. soalnya saya sudah insyaalloh 2 tahun selalu tanpa baterai jika mengoperasikan laptop dan tidak pernah terjadi hal fatal, justru baterai saya awet hingga 2 tahun...<br /> :idea:

    0 Like
  • Guest - m.jarir maulana

    :D Alhamdulillah jaza kumullohukhoiro

    0 Like
  • Guest - Sukoco

    Atas informasi yang telah dimuat diucapkan terimakasih<br />Alhamdulillah jaza kumullohukhoiro

    0 Like
  • Guest - Sahrul Nadhofa

    :o jd begitu, terimakasih ilmunya.sangat bermanfaat<br />Alhamdulillahi jazza kumullahu khoiro

    0 Like
  • Guest - RENY CYNTHIA D

    Alhamdullah jazza kumullahu khoiro :D

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII