Tetap Olahraga Meski Puasa, Jaga Asupan!

olahraga selama puasa2

Memasuki bulan Ramadhan, tentu banyak aktifitas yang dikurangi terutama yang menguras banyak energi seperti berolahraga. Banyak ditemui dibeberapa tempat jogging, fitness dan sport center umumnya mengalami penurunan pengunjung yang lumayan drastis memasuki bulan puasa seperti saat ini.

Taukah kalian? Selama berpuasa kita masih bisa tetap melakukan olahraga seperti hari biasanya loh. Namun, ada beberapa makanan yang kita butuhkan untuk tetap menjaga keseimbangan daya tahan tubuh.

Menurut Seala Septiani, SGz, MGizi, gizi yang seimbang sangat disarankan untuk sahur maupun berbuka. Gizi seimbang sekurangnya meliputi karbohidrat, protein, vitamin, lemak, serta air. Saat hendak berolahraga, tentu butuh sumber energi ekstra, yang antara lain berasal dari karbohidrat.

"Pas sahur sih baiknya makan nasi," tutur Seala Septiani, SGz, MGizi saat ditemui di Suasana Restaurant, Aston Kuningan Suites, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurutnya sumber karbohidrat yang baik adalah yang mengandung tinggi serat seperti nasi putih, nasi merah, dan gandum. Di sini gandum memiliki kandungan serat yang paling tinggi, kemudian nasi merah lalu nasi putih.

Seala menyarankan untuk memilih makanan yang mengandung serat tinggi alasannya karena bisa membantu menahan rasa lapar lebih lama.
Selain itu protein juga sangat penting karena olahraga menggunakan otot, dan otot membutuhkan zat besi yang berasal dari protein. Sumber protein ini bisa didapat dari hewan (hewani) atau dari tumbuhan (nabati).

"Sumber protein yang paling tinggi itu ada di susu dan telur. Tapi hati-hati cara masaknya, hindari yang digoreng-goreng, boleh ditumis atau dipanggang, " ujar Seala kepada detikHealth.

Vitamin bisa didapat dari buah-buahan. Sementara untuk sumber lemak Seala menyarankan agar mencari lemak sehat mengandung omega tiga dari ikan, minyak zaitun, atau buah alpukat.
Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah asupan air. Saela menambahkan sumber air saat puasa bisa didapat dari air putih, buah-buahan, ataupun kuah sop. Kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak dua liter atau delapan gelas per hari.

"Kopi dan teh dikurangi, kenapa? Karena mengandung kafein dan bersifat diuretik (memicu buang air kecil)," pungkas Seala. (Inggri/LINES)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII