Hindari 8 Makanan Sebelum Olahraga

1 makanan

Mengonsumsi makanan dan minuman sebelum berolahraga harus diperhatikan dengan seksama. Kesalahan dalam mengonsumsi makanan atau minuman di waktu-waktu ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh.

Kebanyakan orang salah dalam mengonsumsi makananan sebelum olahraga yang dapat mempengaruhi jumlah asupan energi dan seberapa banyak lemak yang akan terbakar saat berolahraga. Terkait hal ini, 7 jenis makanan yang harus dihindari sebelum berolahraga.

1. Makanan yang Memiliki Kandungan Gula berlebih
Makan makanan makanan yang mengandung banyak gula dapat membuatmu cepat lelah dan lesu seperti selai, kue dan sejenisinya.
Jangan mengonsumsi gula secara berlebihan ya, apalagi sebelum berolahraga.

2. Alpukat
Banyak yang belum tahu, bahwa alpukat juga menjadi makanan yang perlu dihindari sebelum melakukan olahraga. Dikarenakan alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi.
Alpukat juga kaya akan serat, sehingga tubuhmu akan membutuhkan waktu lama untuk mencernanya. Hal itu dapat membuatmu mengalami kram perut saat berolahraga.

3. Makanan Pedas
Hindarilah makanan pedas saat kamu ingin berolahraga. Makanan pedas dapat menimbulkan gangguan pencernaan.
Contoh makanan pedas yaitu keripik pedas, sambal dll. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan perutmu mengalami kram dan terasa sakit.

4. Minuman yang Mengandung Soda
Minuman bersoda tidak memiliki nutrisi dan penuh dengan gula.
Kandungan gula dan karbonasi yang tinggi dapat membuatmu merasa kembung.
Selain itu minum minuman bersoda juga dapat menyebabkan kram perut dan mual
Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kamu harus menghindari meminumnya sebelum berolahraga.

5. Kacang
Kacang-kacangan sangat sehat dan baik dikonsumsi untuk kalangan orang yang diet.
Namun, sebaiknya hindari memakan kacang sebelum olahraga.
Hal tersebut dikarenakan kacang banyak mengandung lemak yang memperlambat proses pencernaan.
Jika kalian ingin mengonsumsi kacang, pastikan mengonsumsinya satu setengah jam sebelum berolahraga.

6. Makanan Berserat
Makanan yang kaya akan serat seperti gandum memang sangat baik untuk pencernaan. Namun, mengonsumsi makanan kaya serat sebelum berolahraga tidak dianjurkan.
Hal tersebut dikarenakan butuh waktu lama bagi tubuh untuk mencerna dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung, mual, dan perut terasa sakit.
Contoh makanan berserat yaitu brokoli, wortel, pir, dan lain-lain. Sebaiknya jangan langsung berolahraga setelah mengonsumsi makanan kaya serat.

7. Telur
Makanan sehari-hari seperti telur bisa dikonsumsi kapan saja dengan jumlah yang tidak berlebihan. Bisa untuk sarapan, makan siang, ataupun sebagai makanan ringan.
Kandungan proteinnya sangat banyak, tetapi sebaiknya hindari konsumsinya sesaat sebelum berolahraga ya. Kalau hanya sedikit tidak apa-apa, karena saat berolahraga tubuh butuh sedikit protein.

8. Salad
Banyak yang tidak menyangka bahwa salad masuk daftar makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berolahraga.

Ternyata sayuran pada umumnya yang digunakan sebagai bahan membuat salad dapat menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, dianjurkan makan salad setelah berolahraga saja.

Nah, agar olahraga aman dan nyaman, lebih baik untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman di atas. Kamu sendiri pernah mengalami hal serupa?

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII