Jangan Abai Dengan Keringat Berlebih

Keringat Berlebih

Keringat berlebih tanpa bergerak dapat membuat seseorang merasa terganggu dan tentunya menurunkan kepercayaan diri. Kondisi ini sebaiknya tidak diabaikan karena keringat berlebihan bisa menjadi tanda adanya gangguan pada kesehatan tubuh. 

Berkeringat adalah proses alami tubuh untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar. Dengan cara mengeluarkan cairan yang mengandung garam melalui kelenjar keringat.

Ketika keringat keluar dari tubuh dan melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga, seperti makan makanan pedas, dan demam. Dan juga, pada saat merasakan emosi tertentu seperti marah, malu, takut, atau grogi. Keringat berlebih yang cenderung terjadi tanpa adanya bergerak, kondisi ini disebut dengan hyperhidrosis dan biasanya terjadi karena adanya penyakit tertentu.

Jika seseorang mengalami keringat yang berlebihan dan menyeluruh karena disebabkan oleh suatu penyakit, maka yang akan dilakukan adalah mengatasi penyebabnya. Misalnya, ketika disebabkan oleh gangguan tiroid, lalu yang dilakukan adalah dengan mengobati atau melakukan operasi tiroid.

Keringat berlebih yang terjadi pada bagian tubuh bertujuan untuk mengurangi gejala, misalnya dengan memberikan suntikan botox untuk menghentikan saraf yang memicu timbulnya keringat berlebih. Selain itu, cara yang bisa dilakukan dengan memberikan anti perspiran berbentuk roll-on, spray, lotion atau memberikan obat yang dapat menghambat kelenjar keringat.

Cara lainnya dengan melakukan operasi. Operasi tersebut bisa dilakukan dengan pengangkatan kelenjar keringat atau memotong saraf pada bagian dada yang dapat memicu keringat berlebih. Pengangkatan lemak pada daerah yang mengalami keringat berlebih juga dapat dilakukan untuk mengurangi produksi keringat.

Selain itu, dapat dilakukan iontophoresis, yaitu perawatan dengan menggunakan rangsang listrik tegangan rendah untuk menghentikan fungsi kelenjar keringat sementara.

Keringat yang berlebih dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan kepercayaan diri. Meski tidak semua keringat berlebih, Anda memiliki penyakit yang berbahaya, namun jika disertai gejala lain maka akan semakin mengganggu. Dan dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter. (Zubaidah/Wicak)

Sumber: aladokter.com (11/05/2018)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII