Mengapa Seseorang Mengalami Mata Minus?

Mata Minus

Mata minus adalah kondisi mata tidak bisa melihat benda jarak jauh secara jelas. Sekarang ini banyak cara mengatasi mata minus.

Mata minus sering juga disebut miopi, terjadi karena bayangan jatuh tepat di depan retina. Miopi juga terjadi karena kornea (lapisan terluar mata) yang terlalu melengkung karena panjang bola mata atau lensa yang terlalu tebal.

Maka dari itu, seseorang yang memiliki penyakit miopi tidak bisa melihat jarak jauh dengan jelas. Objek yang jauh akan terlihat buram sebab fokus mata tidak jatuh tepat pada retina. Ini bedanya mata seseorang yang normal dengan miopi.
Namun para ahli menyimpulkan bahwa miopi dapat dimiliki seseorang karena pengaruh genetik serta lingkungan. Para ahli menyebutkan ada beberapa faktor mengalami miopi, diantaranya:

Faktor Keturunan
Apabila salah satu orang tua mengalami miopi, maka peluang untuk mendapatkan penyakit ini sangat besar

Sering Membaca Kurang Pencahayaan
Miopi mempengaruhi seseorang yang senang membaca, resiko ini lebih besar daripada orang yang jarang membaca. Terutama jika seseorang membaca di tempat gelap dan jaraknya terlalu dekat dengan mata.

Jarang Melakukan Aktivitas Luar
Dari beberapa penelitian yang menyatakan bahwa miopi juga bisa diakibatkan karena jarang melakukan aktivitas di luar. Karena tingkat cahaya di dalam ruangan itu sangat minim berbeda dengan di luar ruangan.

Terlalu Sering Main Gadget Jarak Dekat
Sadarkah jika kebiasaan bermain gadget maka akan menimbulkan miopi. Apabila bermain gadget di tempat gelap dan terlalu dekat. Ini adalah salah satu faktor umum terjadinya miopi.

Setelah mengetahui berbagai penyebab miopi, mulailah dari sekarang untuk menghindari berbagai resikonya. Jaga dan sayangi mata agar tidak menyesal di masa depan. (Wicak/LINES)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII