Manfaat yang Didapatkan Ketika Sholat

GerakanSholat

Kesehatan tubuh ditentukan tidak hanya dengan makan, Namun banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah aktif dalam bergerak. Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa malas bergerak dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit seperti jantung hingga otak.

Malas bergerak juga memengaruhi kekuatan tulang Anda, seperti meningkatkan risiko osteoporosis.

Malas bergerak artinya anda hanya duduk berjam-jam menatap layar komputer, laptop, atau handphone, menonton TV seharian, atau lebih banyak tidur. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, bergeraklah aktif dengan olahraga setidaknya dilakukan 150 menit per minggu. Olahraga teratur juga terbukti mencegah penyakit.


Tahukah anda? Ternyata, gerakan sholat adalah olahraga terbaik.

Shalat lima waktu adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam. Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi ternyata gerakan–gerakan shalat adalah gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sisi medis, shalat adalah gudangnya obat dari berbagai macam penyakit.

Dari Jabir bin Abdillah Rasulullah Saw. bersabda, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan. Kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan berenang.” (HR. An-Nasa’i).

Berenang adalah salah satu olahraga yang dilakukan di dalam maupun atas air. Dalam renang seluruh bagian tubuh dapat digerakkan, mulai dari kepala hingga kaki. Renang sangat baik, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Selain itu, renang juga baik untuk membantu menstabilkan pernafasan dan olahraga yang cocok untuk program diet. Diperkirakan, kalori tubuh bisa terbakar hingga 24% setelah berenang.

Berolahraga sangat penting bagi kesehatan, namun seseorang dengan kondisi medis tertentu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar porsi dan jenis olahraga sesuai dengan kebutuhan tubuh. (Ummi/Wicak/lines)

 

Sumber: Kompas.com

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII