Tahukah Anda Penyakit Perempuan Nomor Satu di Dunia?

penyakitwanita

Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu pada perempuan berusia terutama di atas umur 35 tahun di seluruh dunia. Diketahui pada tahun 2017 saja, di Negara Jerman terdapat 344.524 orang meninggal dunia lantaran penyakit kardiovaskular dan 55 % dari mereka adalah perempuan.

Ketika terjadinya serangan jantung, arteri yang memasok darah ke jantung itu akan tersumbat. Yang mengakibatkan, area otot jantung yang terserang tidak mendapatkan oksigen yang cukup dan kemudian mati.

Sebelum para perempuan mencapai menopause, risiko serangan jantung pada perempuan lebih rendah apabila dibandingkan dengan laki-laki. Alasannya yaitu karena ada sedikit “plak” yang disimpan di pembuluh darah perempuan. Oleh karena itu arteri cenderung jarang tersumbat.

Rata-rata serangan jantung dialami para perempuan dalam jangka waktu 10 hingga 15 tahun jauh lebih lambat daripada para pria. Yaitu pada dekade kedelapan, ketika perubahan fisik setelah menopause benar-benar usai stabil.

Menurut sebuah studi di jurnal Nature, serangan jantung pada perempuan hanya bertanggung jawab atas terjadinya gagal jantung pada 50 persen kasus. Namun angka sama lazimnya pada kasus kelemahan otot jantung.


Gejala serangan jantung yang harus diwaspadai perempuan

Gejala yang terjadi pada serangan jantung adalah nyeri yang parah di dada. Pada perempuan, gejalanya seperti kelelahan ekstrem, mual, muntah dan sesak napas. Akibatnya, masalah jantung pada perempuan kerap kali terlambat dikenali baik oleh si pasien sendiri, maupun oleh dokter yang menangani hal tersebut.

Namun sebaliknya, ada juga serangan jantung yang hampir tanpa gejala.Terutama terjadi pada perempuan penderita diabetes, karena diabetes merusak saraf dan menghambat pengiriman sensasi rasa sakit ke otak. Meski tanda-tanda serangan jantung pada perempuan sering tidak spesifik, tapi setiap detik sangat berharga!


Pencegahan Serangan Jantung

Serangan jantung dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat, diantaranya:

• Banyak mengonsumsi lemak tak jenuh dan serat

• Mengurangi lemak yang menumpuk di perut dan bagian tubuh lainnya

• Mencegah terjadinya diabetes dan hipertensi

• Selalu olahraga secara teratur

• Berhenti untuk merokok

• Hindari minuman beralkohol

• Tidak boleh stress


Sumber:


1. Sains Kompas: https://sains.kompas.com/read/2020/01/22/084700823/kenali-gejala-serangan-jantung-pada-perempuan-hingga-pencegahannya?utm_source=Facebook&utm_medium=Refferal&utm_campaign=Sticky_Dekstop


2. Detik: https://news.detik.com/dw/d-4868478/kenali-gejala-serangan-jantung-pada-perempuan-dan-pencegahannya

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII