Mengapa Seseorang Sering Lupa?

Penyebab Lupa1

Apakah Anda pernah tiba-tiba lupa dengan hal yang baru saja dilihat? Pasti, Anda merasa kesal dan heran mengapa begitu mudah lupa. Hal ini dikarenakan, apa yang baru saja dilihat belum sampai ke otak yang terdalam.

Manusia memiliki kapasitas penyimpanan otak yang besar. Namun, otak tetap membutuhkan ruang baru untuk menyimpan hal-hal penting. Dalam hal ini, ketika otak semakin terisi dengan banyak hal maka akan mengakibatkan lupa.

Sebenarnya, otak manusia dapat bekerja secara aktif dan bisa melupakan suatu hal, terutama kenangan atau pengalaman yang traumatis. Berikut ini hal-hal yang mempengaruhi anda sering lupa, antara lain:

1. Terlalu Banyak Konsumsi Lemak Jenuh
Tanpa disadari, pola makan dapat mempengaruhi terhadap otak Anda untuk mengingat sesuatu. Jika kolesterol, glukosa, atau tekanan darah Anda terlalu tinggi, maka pembuluh darah di sekitar otak akan rentan mengalami kerusakan. Studi yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak lemak memiliki daya ingat yang kurang baik dibandingkan mereka yang kurang konsumsi makanan tersebut.

2. Jarang Olahraga
Olahraga dapat membuat otak mengalirkan darah secara optimal. Olahraga juga dapat memperbaiki mood dan kualitas tidur dan mengurangi stress. Dimana kedua hal tersebut mempengaruhi pada kemampuan kognitif otak. Jika dianjurkan untuk berolahraga secara rutin,maka setidaknya 20 sampai 30 menit sehari.

3. Kebiasaan Merokok dan Penggunaan Obat-Obatan Terlarang
Kebiasaan sering merokok dapat merusak kemampuan mengingat, karena merokok dapat mengurangi oksigen yang sampai ke otak. Serta dapat menghancurkan pembuluh darah yang ada di otak. Dan ini juga berlaku untuk mengonsumsi obat-obatan terlarang

4. Kurang Tidur
Universitas California telah melakukan studi dan telah menemukan adanya hubungan antara tidur dan kemampuan daya ingat otak. Saat tidur, otak diproduksi untuk menyimpan memori. Gelombang tersebut akan mentransfer hippocampus ke prefrontal cortex, yang merupakan tempat memori jangka panjang yang disimpan. Sehingga, saat kurang tidur memori yang ada di otak tidak akan sampai ke prefrontal cortex. (Zubaidah/Wicak/LINES)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII