Tahukah Anda, Manfaat Kesehatan dari Menangis

menangisitusehat

Di dalam penelitian, wanita di Amerika Serikat (AS) rata-rata menangis sekitar tiga kali perbulan, sedangkan pria meneteskan air mata sekitar satu kali dalam sebulan. Banyak orang menganggap bahwa menangis adalah tanda kelemahan. Jika kamu merasa perlu menangis, seharusnya jangan ditahan karena menangis mempunyai efek untuk kesehatan.

Ada lima manfaat kesehatan yang bisa teratasi saat menangis:

1. Tekanan Darah

Manfaat pertama adalah menangis bisa menurunkan tekanan darah Anda. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan bermacam-macam masalah kesehatan serius seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, demensia, bahkan gagal ginjal. Beberapa penelitian menyatakan bahwa menangis akan bisa menurunkan tekanan darah dan membuatnya tetap terkendali.

2. Meredakan Stres

Manfaat kedua adalah menangis juga bisa meredakan stres. Menangis dapat membantu orang lebih rileks di waktu sedang stres akan tetapi tidak secara langsung. Hal itu membutuhkan beberapa menit untuk tubuh mulai rileks setelah menangis.

Menurut peneliti, menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis atau saraf PNS. Dan saat aktif, saraf tersebut bisa memberi efek menenangkan pada otak.

3. Mengurangi Racun dalam Tubuh

Air mata yang terus menerus mengalir saat menangis, dapat menghilangkan kotoran dari mata yang berasal dari asap dan debu. Dan juga, ketika kita menangis, air mata dapat membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh yang diakibatkan karena stres. Penghapusan racun ini membantu mengurangi kadar kortisol dalam organ tubuh, sehingga menghasilkan suasana hati yang lebih ringan dan tenang.

4. Bisa Lebih Fokus

Atasi mood swing (perubahan suasana hati) dengan menangis. Jika kamu merasa perilaku menjadi agresif, sering merasa khawatir atau kesal, maka kamu sedang di dalam proses perubahan suasana hati. Perubahan suasana hati dapat terjadi karena berbagai macam alasan. Salah satu alasannya yaitu akumulasi logam (mangan) dalam tubuh.

Ketika kita sedang menangis, kita dalam keadaan berlebihan logam mangan, maka hal ini dapat mengalir keluar dari tubuh bersamaan dengan tetesan air mata. Alhasil, membuat tubuh kita merasa rileks dan fokus.

5. Rasa Sakit

Ketika kita merasakan sakit pada anggota tubuh kita, tetesan air mata sering mengalir tanpa kita sadari. Ini adalah salah satu cara tubuh untuk mengurangi sensasi rasa sakit. Penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri, menangis dengan emosional dapat melepaskan oksitosin dan endorfin.

Oleh karena itu, kalian yang ingin menangis janganlah ditahan karena dengan menangis itu bisa menghilangkan segala masalah kesehatan. (Zulfa/Wicak)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII