Dirjen Bimas Islam minta media jadi pemersatu umat

antaranews.com

Padang (ANTARA News)  - Media massa hendaknya dapat menjadi penengah konflik antar umat beragama di Indonesia, karena keberimbangan media menjadi alat untuk mengetahui kebenaran, kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Abdul Djamil.

Harapan Dirjen Bimas Islam itu disampaikan pada seminar  "Peran Ormas Islam dan Media Massa dalam Pengembangan Dakwah" di Padang, Kamis ( 27/6).

Dalam keterangan tertulis Humas DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yang diterima di Jakarta, Kamis, Dirjen Bimas Islam mengatakan, liputan yang disinyalir "mengadu domba",  ditulis tidak berimbang dan tendensius, menjadi salah satu penyebab konflik antar umat beragama.

Oleh karena itu, media massa dalam menyajikan berita hendaknya tetap mengedepankan pemberitaan sikap toleransi dan menghormati antar umat beragama.

Sementara itu, Ketua DPP LDII Teddy Suratmadji mengatakan, dalam menulis, jurnalis harus mengerti dan tahu dulu, serta harus punya alat ukur dalam menyampaikan informasi.

"Yang saya ketahui, pemberitaan untuk konflik antar umat beragama, seperti pemberitaan tentang kalangan tertentu, yang disampaikan media massa hanya tentang akibatnya saja. Harusnya  jurnalis menggali sebabnya," katanya.(*)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - someone

    konspirasi dalam menghancurkan tegaknya agama Allah tidak akan pernah berhenti sampai hari kiamat,,,

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII