Demokrasi Hasilkan Politik Berbiaya Tinggi

hidayat-nahwi-rasul

INILAH.COM, Jakarta - Demokrasi di Indonesia menghasilkan politik berbiaya tinggi. Bukan menghasilkan politisi yang negarawan.

Desain konstitusi Indonesia berubah dari Keterwakilan pada Pancasila ke empat, menjadi keterpilihan.

Pada prakteknya menghasilkan politik berbiaya tinggi atau high cost politic yang hanya menghasilkan politisi, bukan negarawan.

Demikian diungkapkan Sekjend Center Information And Cultural Studies (CSIS) Hidayat Nahwi Rasul di diskusi Kerukunan Komunikasi Unhas.

"Penyelenggara pesta demokrasi yang tidak kredible karena jauh dari azas jujur dan adil (Jurdil)," kata Ketua DPP LDII ini, Minggu (13/11/2013).

Dua point itulah yang telah mereduksi sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, diperlukan public awarness untuk mendorong langkah-langkah kongkrit. Dari sekedar retorika ke aktualisasi yang disertai pelembagaan kejujuran .

Untuk itu, Menurut Hidayat, perlu rumusan yang konkrit mengenai proses demokrasi yang baik dan menghasilkan seorang negarawan.

Utamanya, formulasi agar proses demokrasi di Indonesia tidak perlu lagi butuhkan biaya tinggi. Selain itu, proses rekruitmen yang dilakukan oleh partai politik juga mengutamakan nilai kejujuran. [gus]

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - Dina Ardihani

    Assalamualaikum wr. wb.
    Saya hanya ingin mengutarakan opini sependek yang saya tahu. Sebenarnya demokrasi menjadi identik dengan politik berbiaya tinggi karena telanjur salah kaprah diartikan sebagai suara terbanyak, padahal demokrasi yang demikian merupakan demokrasi liberal, sementara demokrasi Pancasila, seperti ditegaskan dalam sila 4, adalah demokrasi berdasarkan musyawarah mufakat. Akibatnya demokrasi saat ini dipahami masyarakat sebagai "Siapa yang bermodal besar dialah yang menang"
    Alhamdulillahi jaza kumullohu khoiro.

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII