Cantik Namun Tetap Syar'i

 wanita cantik

Industri kecantikan semakin mendekatkan diri kepada kaum Hawa. Lewat gadget, masyarakat mudah mengakses informasi seputar produk kecantikan. Dari sisi budaya, produk kecantikan turut memberikan dampak positif bagi seni dan estetika masyarakat. Namun bagi muslimah, tentu harus disesuaikan dengan kaidah dan norma agama.  Apalagi tidak semua produk kecantikan baik bagi kesehatan.

Hal itulah yang mendorong Keputrian DPD LDII Tangerang Timur, Raniyah, menghelat seminar wanita muslimah dengan judul Mengupas Teori Kecantikan pada Minggu (26/2). Perhelatan yang digelar di masjid Mamba’ul Ulum, Tangerang ini memiliki moto "Delapan, Syari dan Cantik".

Perhelatan ini mengundang 150 mudi-mudi peserta perwakilan dari delapan DPD LDII se-Jabodetabek. Dari ilmu yang didapat, peserta akan memberikan pembekalan kembali pada pengajian keputrian di DPD, PC, dan PAC LDII masing-masing. Mereka yang hadir mendapat pembekalan menjadi istri yang sholihah. Acara ini bertujuan membentuk wanita LDII yang sholihah. Mampu menjadi ibu rumah tangga yang baik berdasarkan 3 M; Masak, Macak, dan Manak.

“Kami lebih mengangkat materi “Macak” yakni Seminar dan Workshop Kesehatan dan Perawatan Kulit dan Tubuh. Acaranya terdiri dari penyampaian dalil tentang pahala merawat tubuh dan menyenangkan suami. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahim dan berbagi pemikiran dengan pengurus komunitas keputrian lainya,” ujar Desy Linta, Ketua Panitia Delapan.

Acara ini di awali dengan pengajian seputar hak dan kewajiban yang harus dipenuhi seorang muslimah. Untuk menghangatkan suasana, di setiap sesi selalu ada ice breaking. Peserta perwakilan setiap DPD juga berbagi soal progam keputrian di wilayah masing-masing.

wanita cantik ldii

Tips Kecantikan Dokter Eliza

Pada sesi selanjutnya, peserta mendapat seminar mengenai kecantikan dan kecantikan dan perawatan kulit yang disampaikan oleh Dr Eliza, Dokter Spesialis Kulit dari Jakarta Timur. Peserta juga memperoleh workshop membuat lipbalm atau pelembab bibir alami dan sederhana oleh Anna Sholiha dari Japos.

Ada beberapa tips kecantikan yang disampaikan oleh Dokter Eliza. Pada dasarnya wanita ingin tampil menarik, bahkan di depan suami. Menurutnya, wanita yang cantik harus sehat. Jika cantik dan sehat, akan timbul rasa percaya diri. Kemudian ia menjabarkan langkah menjadi wanita yang cantik, sehat, dan percaya diri.

Pertama , harus rajin konsumsi air putih karena 70 persen tubuh manusia terbentuk dari air. Jika ada kulit kering dam keriput itu disebabkan kurangnya konsumsi air putih. “Apalagi sering berada di ruangan ber-AC. Hawa dingin membuat kulit cepat kering karena cairan menguap,” ujarnya.

Dokter Eliza menyarankan peserta untuk membatasi penggunaan make up tebal. Menurutnya, Kulit butuh “me time”. Kulit butuh bernafas. Jangan lapisi kulit dengan male up yang berlapis lapis. Biarkan kulit ada kehidupan.

Soal penggunaan lipstik, bukan berarti tidak boleh menggunakannya. Pilihlah lipstik yang sehat. Jika menggunakan lipstik yang sembarang, akan merusak bibir. Dalam penggunaan lama, lipstik yang sembarangan membuat bibir terlihat hitam, pecah-pecah, dan kering.

Untuk mencuci wajah, Dokter Eliza menyarankan agar tidak menggunakan sabun muka yang asal asalan dan sesuaikan dengan kebutuhan. Sesuaikan dengan tipologi kulit, apakah kulit itu kulit berjerawat, kering, dan kusam.

Perhatikan juga sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, agar tak terlihat kusam dan kumal karena kulit mati. Rajin rajin melakukan scraping. Untuk kulit yang berjerawat pilih scrap yang teksturnya lembut. Scrap yang kasar akan mengiritasi dan menimbulkan infeksi bakteri yang baru

“Biasanya sel kulit mati akan menumpuk pada 21 sampai 28 hari. Sering melakukan facial dan treatment yang teratur setiap dua minggu sekali agar  tidak menumpuk banyak,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, jika wajah sudah terlihat cantik, jangan melupakan kebersihan gigi. “Kebersihan rongga mulut harus dijaga. Cantik tapi diajak ngomong tidak nyaman karena bau mulut kan tidak baik,” ujarnya.

Hal yang tidak kalah penting,  perlu memperhatikan bagian dalam tubuh. Dokter Eliza mengingatkan, pakaian dalam harus selalu dalam keadaan kering supaya tidak menjadi media berkembang bakteri dan virus. Setidaknya dalam aktivitas sehari-hari membawa baju ganti.

Cukupi kebutuhan tidur. Kurang tidur meningkatkan faktor stress dan mengganggu kestabilan hormon. Ini menjadi kecenderungan timbulnya jerawat. “Ingat konsumsi makanan sehat. Jangan sering makan fast food karena mempercepat penuaan,” ujarnya.

Sering-sering tersenyum juga baik untuk menghidupkan aura. Supaya lebih percaya diri, wajib mensyukuri nikmat Allah SWT. Kita bersyukur bisa bernafas dengan sempurna. Cobalah menempatkan diri yang baik dalam bersosialisasi.

“Yang terpenting menjaga hubungan baik dengan rekan. Orangnya cantik pintar, tapi gampang marah, slek, tersinggung, itu membuat minus. Dengan  menjalankan prinsip barusan  kita tak perlu berlebihan dalam ber-make up, seperti topeng dengan lipstik tebal,” ia menutup penjelasan.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Menuju
logo rakernas10-11 Oktober 2018

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII