Ormas Punya Kapabilitas dalam Penanganan Bencana

ldii semarang jateng

Semarang (24/10). Jelang Muswil ke-7, DPW LDII Jawa Tengah Helat diskusi terpumpun atau FGD soal kebencanaan. FGD ini merupakan bagian dari perhelatan muswil yang akan diadakan tanggal 25-26 Januari 2020 mendatang di Hotel Patra Jasa Semarang.

Secara geografis, Indonesia rawan bencana. Bahkan negara yang terletak di garis khatulistiwa ini sepuluh kali lebih rawan resiko bencana gempa dibandingkan Amerika. Hal ini disampaikan oleh salah satu narasumber, Iis Widya Harmoko Kasi Data informasi BMKG Jawa Tengah.

“Kalau di Semarang, potensi bencananya disebut bencana Hidrometeorologi, yaitu hujan, gelombang tinggi, longsor, sambaran petir dan gempa tektonik.Jawa tengah sendiri memiliki potensi curah hujan 5.000 mm pertahun,” ujarnya.

Untuk itu, pemerintah wajib melibatkan ormas terkait penanganan bencana. Hal ini dinyatakan oleh Harun Abdul Khafizh staf ahli Anggota komisi 8 DPR RI Endang Maria Astuti. Menurutnya, banyak ormas memiliki infrastruktur memadai hingga tingkat desa. Ini bisa memberi kontribusi dalam penanggulangan bencana.

Terlebih, personalia pengurus ormas merupakan warga sekitar yang dekat dengan masyarakat. Ormas bisa melakukan pendidikan kebencanaan dengan infrastrukturnya. Ormas juga harus berkontribusi dalam upaya penanggulangan bencana dalam rangka mengembalikan nilai gotong royong.

ldii jateng fgd kebencanaan

“Kita sudah mulai kehilangan nilai gotong royong. Saya harap nilai itu bisa kembali. Apalagi soal mengembangkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial. Saya lihat LDII banyak membantu pemerintah. Ormas sangat cocok berpartisipasi dalam penanggulangan bencana karena sifat sosial dan mandirinya,” ujarnya.

Maka ormas harus bisa membangun kesadaran masyarakat atas kerawanbencanaan di Indonesia beserta kesiapsiagaannya. Bersama sama stakeholder lain, ormas bisa menyelenggarakan kegiatan tanggap darurat dan melakukan advokasi kebijakan yang berpotensi menimbulkan bencana.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII