Mengenal Potensi Diri Dengan MBTI

mbti

Dalam menjalani kehidupan anda akan selalu berhubungan dengan orang lain. Anda juga butuh mengenal diri, sehingga arah dan tujuan pengembangan diri akan diperoleh dengan tepat. Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk mengenali diri sendiri?  Nah, anda tak perlu khawatir dan bingung. Karena kita akan kupas tuntas metode mengenal diri sendiri menggunakan sistem Myers Briggs Type Indicator (MBTI).

DPP LDII memiliki komitmen besar untuk meningkatkan potensi para kadernya. Maka untuk itulah pada 2 November 2013 lalu, menghelat kegiatan ‘Pelatihan Pengembangan Diri untuk Mahasiswa’. Kegiatan ini diinisiasi oleh Departemen Pemuda Kepanduan Olahraga dan Seni Budaya (PKOSB) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII.

MBTI memiliki 4 dikotomi kepribadian yang dikombinasikan menjadi 16 tipe kepribadian.

“Dengan menggunakan MBTI, anda dapat memahami diri (True Self) bawaan lahir. Bawaan itu sering dibungkus oleh kebiasaan. Akhirnya banyak manusia berkembang tidak sesuai dengan apa yang dimodalkan oleh Allah, ungkap Edwin Sumiroza, Trainer MBTI, Koordinator Departemen PKOSB DPP LDII.

MBTI merupakan metode yang sangat populer, telah digunakan oleh berbagai perusahaan, rumah sakit, tempat ibadah. Bahkan, di Amerika Serikat, MBTI juga diterapkan pada angkatan bersenjata AS agar kekompakan dan ketepatan penempatan tim tetap terjaga.

wanita-ldii

“Secara umum, MBTI akan memberikan manfaat dalam melanggengkan hubungan suami istri melalui komunikasi yang tepat, memilih karir, dan menempatkan ‘the right man on the right place’. MBTI juga dapat menjadi sarana mengetahui kelebihan dan kekurangan diri serta sarana memperbaiki diri,” ujar Dra. Hj. Nana Maznah, M.Psi  trainer MBTI yang juga pengurus DPP LDII Departemen Pendidikan Umum dan Pelatihan.

Empat dikotomi MBTI yaitu Arah fokus dan sumber energi, cara untuk mengumpulkan informasi, cara memutuskan dan mengevaluasi dan terakhir cara berinteraksi dengan lingkungan.

Anda akan mendapatkan dua pilihan mana yang paling sesuai dalam dikotomi arah fokus dan sumber energi. Dua pilihan tersebut adalah ekstrovet dan introvet. Ekstrovet merupakan tipe orang yang lebih senang berinteraksi dengan orang lain, kita akan melihat mereka cenderung ramai. Berkebalikan dengan ekstrovet, introvet cenderung lebih pendiam dan menyendiri. Namun, mereka dapat menjadi lebih ramai dari orang ekstrovet pada lingkungan tertentu yang telah mereka percayai.

Dikotomi selanjutnya adalah cara untuk mengumpulkan informasi. Dua pilihan kepribadiannya adalah sensing dan intuisi. Sensing merupakan tipe orang yang lebih terperinci dalam mengumpulkan informasi. Mereka nyata dan aktual,  berbeda dengan orang tipe intuisi yang cenderung lebih berpikir global dan tidak ribet serta memiliki indra keenam.

ldii-seminar-mbti

Arah pilihan dikotomi ketiga adalah cara memutuskan dan mengevaluasi. Dua pilihannya adalah thinking dan feeling. Thinking merupakan tipe orang yang cenderung menyukai analisa, berpikir sebab akibat dan teguh dalam pendirian. Sedangkan Feeling lebih suka memahami orang lain, lembut berperasaan dan penuh kasih sayang.

Terakhir, dikotomi keempat adalah cara berinteraksi dengan lingkungan. Anda akan mendapatkan dua pilihan, yaitu Judging dan Perceiving. Judging adalah tipe orang yang bekerja sesuai dengan jadwal, memikirkan hal teratur, perencana dan suka mengerjakan sesuatu sampai selesai.

Sedangkan perceiving, lebih suka bekerja dengan spontan, dapat menerima informasi baru, tidak memiliki batasan, tidak ada masalah dengan deadline dan mengerjakan sesuatu pada menit terakhir.

Nah, selanjutnya mari kita coba mengenal diri menggunakan metode MBTI. Ada dua metode yaitu langsung dibimbing dengan trainer dan kita langsung menetukan pilihan. Selanjutnya, metode kedua yaitu kita mendapatkan form pilihan dan kita hitung kekuatan mana yang terbesar dari dua pilihan.

Ini pengalaman Frediansyah Firdaus salah satu peserta pelatihan pengembangan diri untuk mahasiswa, yang diadakan oleh departemen PKOSB DPP LDII turut mencoba eksplorasi pilihan pribadi metode MBTI. Dalam pelatihan itu, dia ingin menguji seperti apa tipe dirinya?

Ketika disodorkan dikotomi sumber energi ternyata pilihan Fredy jatuh pada Introvet. Cara mengumpulkan informasi yaitu Intuisi. Cara memutuskan dan mengevaluasi Feeling. Terakhir, cara berinteraksi dengan lingkungan yaitu Perceiving.

Dari 16 tipe kepribadian setelah dikombinasikan ternyata Fredy memiliki tipe kepribadian INFP yang berarti The Most Idealist. Benar saja, ciri-ciri umum yang dibeberkan tipe INFP hampir 90% cocok dengan tipe Fredy.

Ciri umum tersebut adalah pendiam, pemikir, dan idealis. Tertarik untuk masalah kemanusiaan, selalu ingin membantu. Memiliki sistem nilai yang kuat, sangat loyal. Mudah menyesuaikan diri, kecuali bertentangan dengan sistem yang dianut. Cepat melihat banyak kemungkinan, dan yang paling sesuai. Memiliki bakat sebagai penulis.

Kekuatan INFP berusaha untuk mencari yang tepat bagi setiap orang dalam suatu organisasi, sangat persuasif untuk mencapai hasil akhir yang ideal. Menghimpun rekan kerja untuk memiliki tujuan yang sama, menggali gagasan dan informasi baru bagi organisasi. Secara tenang mendorong berbagai pihak untuk mengikuti nilai-nilai yang berlaku dalam organisasi.

MBTI selain membeberkan gambaran umum dan kekuatan, tidak lupa kelemahan juga dibeberkan dengan maksud kita dapat mengevaluasi kelemahan tersebut sehingga diri kita dapat menjadi lebih baik.

Contohnya saja, INFP ternyata memiliki kelemahan cenderung menunda penyelesaian tugas karena keinginan untuk sempurna. Berusaha memuaskan orang pada saat bersamaan, sulit menyesuaikan visinya terhadap fakta dan situsasi di lapangan. Serta terlalu banyak menggunakan waktu dalam berefleksi daripada melakukan tindakan nyata.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba MBTI? (Fredy/LDII News Network)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Guest - yanuar

    sangat memotivasi untuk selalu menjadi yg terbaik dengan pengenalan potensi diri:)

    0 Like
  • Guest - Akhyar

    saya pengen nyobain MBTI. saya orang tangerang

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII