MUI dan LDII Jatim Bekerjasama dalam Penghijauan

ldii-jember-go-green
DPW LDII Jawa Timur dan MUI Jawa Timur melakukan berbagai kerjasama, di antaranya penghijauan. Puncak acara yang merupakan rangkaian berbagai kegiatankedua ormas itu, berupa kegiatan Go Green yang dihelat di Jember.

Sebagai puncak acara penanaman akhir Gerakan Penghijauan Kerjasama Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Timur di Jember, pada Minggu (21/12/2013) dilaksanakan penanaman pohon klengkeng yang disimbolkan sebagai pohon ukhuwah oleh Bupati Jember yang diwakili oleh Asisten II Drs Urip Slamet Santoso, Msi, yang didampingi  dan didampingi oleh pengurus DPW LDII Jawa Timur, pengurus MUI Jatim, PWNU, dan Dekan Fakultas Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya.

Di depan ribuan warga LDII dan warga masyarakat Kelurahan Bintoro, Bupati Jember dalam sambutannya yang dibacakan oleh Urip memberikan apresiasi kepada MUI dan LDII yang telah menggagas Gerakan Penghijauan di Jember. “Mudah-mudahan ini bisa memberikan motivasi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan sumber daya alam dengan penuh keramahan agar bisa memberikan kesejahteraan dan kedamaian,” ujar Urip Slamet Santoso.

Menurut Urip, Jember memiliki kandungan potensi alam yang melimpah. Selain tanahnya subur, irigasinya juga cukup baik, karena didukung oleh banyaknya sungai yang mengalir. Di satu sisi, kondisi yang demikian memang sangatlah membanggakan dan menggembirakan, namun di sisi lain juga mencemaskan.

Dengan Gerakan Penghijauan, Pemkab Jember berharap dapat memberikan ketersediaan sumber daya baru untuk pembangunan di Kabupaten Jember dan memberikan kesempatan berusaha bagi masyarakat. Bupati juga berharap agar gerakan ini menjadi media pembelajaran bagi masyarakat, bahwa tanggungjawab memelihara sumberdaya alam dan lingkungan ada di tangan kita semua. “Artinya bentuk syukur dan iman kita kepada Alloh adalah bagian dengan menyayangi segala ciptaan-Nya sehingga ada perasaan takut untuk merusaknya,” imbuh Urip.
 
Ketua DPW LDII Jawa Timur, Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan, kerjasama yang diawali antara MUI Provinsi Jawa Timur dan DPW LDII Provinsi Jawa Timur melakukan penghijauan bersama pada tahun 2008. Penghijauan pertama dilakukan di kabupaten Jombang, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Madiun, dan terakhir ini di Kabupaten Ngawi.

ldii-go-green

Kemudian perkembangan berikutnya DPW LDII provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan IAIN Sunan Ampel Surabaya yakni melakukan fiqh lingkungan untuk mensosialisasikan masalah pengabdian kita didalam lingkungan. Sehingga ini menjadi ibadah ghairu mahdhah, amal jariyah ketika itu bermanfaat terhadap manusia.

Chriswanto juga berharap gerakan penghijauan ini Insya Allah terus kita lakukan setiap tahunnya. “Kami menyadari yang kami sumbangsihkan sangat kecil, tapi kami berharap ini sebagai pemicu untuk penghijauan berikutnya bahwa masyarakat mempunyai kesadaran dalam rangka membangun dan menjaga pelestarian lingkungan.

“Khusus Kabupaten Jember ini kita laksanakan dalam satu paket kegiatan yaitu Tebar Daging Qurban, Bedah Rumah, Pengobatan Gratis dan Penanaman akhir penghijauan,”ujar Chriswanto Santoso. Pada kesempatan itu pula Sekretaris  Umum MUI Provinsi Jawa Timur KH. Imam Tabrani didampingi ketua DPW LDII Provinsi Jawa Timur menyerahkan secara simbolis kunci hasil bedah rumah kepada pemilik rumah.

Sedangkan Dekan Fakultas Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. H. Sahid HM., M.Ag, dalam tausyiahnya mengenai fiqih lingkungan menyampaikan bahwa kerjasama IAIN Sunan Ampel dengan LDII ini sudah terjalin sejak tahun 1997, bahkan setiap tahun kami selalu diminta memberikan materi diklat dai kepada mubaligh LDII dan tausyiah fiqih lingkungan saat acara penghijauan yang sudah berjalan 5 tahun ini.Selain itu kegiatan yang digarap MUI dan LDII ini akan mampu mempererat ukhuwah islamiyah antar ormas islam, lanjut Sahid.

Acara yang ditutup dengan penanaman pohon Ukhuwah ini juga dihadiri oleh Forum Pimpinan Daerah, SKPD dan Ketua Ormas Islam yang ada di Jember sebagai wujud terbentuknya ukhuwah islamiyah di Jember.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • Ujud nyata Dakwah Bilhall dari LDII, salah satu subangsih LDII Untuk Negeri Tercinta Indonesia, Jangan Bertanya Apa yang diberikan Negara Untukmu Tapi bertanyalah Apa yang bisa aku berikan kepada Negara Indonesia ini...Maju Teruuuuus LDII-Googreen..

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII