LDII Jabar dan Banten Siapkan Generasi Nasionalis

ldii jabar

Bandung (25/4). Program pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan digelar oleh Mako Rindam III/Siliwangi bersama dengan LDII. Kegiatan untuk memupuk jiwa nasionalisme ini berlangsung selama tiga hari, mulai Sabtu, (23/04) sampai dengan Senin, (25/04).

Upacara pembukaan dipimpin oleh Letkol. Inf Widi Prasetijono yang mewakili TNI AD, yang sekaligus secara resmi membuka kegiatan diklat, yang diikuti oleh 250 orang peserta yang berasal dari Jawa Barat dan Banten.

“Sudah semestinya setiap warga negara Indonesia memahami pentingnya memiliki wawasan kebangsaan demi menumbuhkan rasa cintanya terhadap negeri ini,” ujar pimpinan upacara Widi Prasetijono dalam sambutannya.

“Waktu beberapa hari ini tidak akan cukup maksimal, maka dari itu diharapkan peserta mampu memanfaatkan waktu yang cukup singkat ini dengan baik dapat menjabarkan makna kebersamaan loyalitas terhadap pimpinan serta toleransi terhadap orang lain,” tambah Widi.

ldii bela negara

Letkol yang berdinas sebagai ajudan presiden tersebut juga berpesan kepada peserta untuk memperhatikan beberapa aspek dalam kehidupan berbangsa bernegara, yaitu capacity, mampu bekerjasama dengan teamwork dan pada setiap organisasi. Integrity, yaitu aspek taat pada aturan bertanggungjawab, mampu bekerja keras, mampu diandalkan dan dipercaya. Trust, yaitu mampu membangun hubungan yang manusiawi dan harmonis. Adaptive, yaitu mampu menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Serta passion, yaitu semangat pantang menyerah.

Hadir dalam pembukaan, Ketua Umum DPP LDII Prof DR KH Abdullah Syam, M.Sc. Ia menyampaikan bahwa sebagai Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, LDII dalam bernegara berkomitmen terhadap Pancasila, Abdullah Syam juga menambahkan bahwa membela tanah air adalah salah satu kewajiban sebagai warga negara.

“Kegiatan ini sebelumnya telah diselenggarakan di Sulawesi bekerja sama dengan Kodam VII/Wirabuana, serta Jawa Tengah bekerja sama dengan Kodam IV/Diponegoro,” ujar Abdullah Syam.

Usai upacara pembukaan, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Barat, Agus Hanafi yang turut hadir, menyambut baik upaya LDII untuk mengadakan kegiatan bela negara bagi warganya tersebut.

ldii jabar belanegara

Kegiatan diklat bela negara yang diselenggarakan oleh LDII bekerja sama dengan Kodam Siliwangi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta bahwa setiap warga negara berhak dan wajib melaksanakan pembelaan terhadap negara, serta mempertahankan keamanan dan ketahanan negara.

Selain itu, untuk membentuk generasi yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan dapat menjadi bagian dalam memperkuat empat konsensus bangsa yang meliputi UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. (Prima, Niko/LINES)

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII