Pelatihan Jurnalistik Cetak Anak Muda untuk Literasi Media

Pelatihan Jurnalistik3

Jakarta - Tim media Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) menghelat acara pelatihan jurnalistik untuk siswa-siswi Tri Sukses Boarding School Bogor. Acara ini inisiatif dari LDII News Network atau LINES dibawah naungan Departemen Komunikasi Informasi dan Media (KIM DPP LDII) pada hari Rabu (23/01/2019) di Kantor DPP LDII, Senayan, Jakarta.

Acara ini bertajuk “Literasi Media dengan Pelatihan Jurnalistik” dengan penyampaian materi oleh Wicaksono dari tim LINES yakni tentang kaidah jurnalistik dan kode etik jurnalis.

“Materi tersebut terdiri dari membuat judul yang baik benar, lead yang sesuai dengan kaidah jurnalistik, inti tubuh berita, dan penutup berita,” ujar penulis UC News tersebut. Wicaksono juga menambahkan, tujuan acara diadakan agar generasi muda LDII dapat melakukan literasi teks.

“Tujuan saya memberikan materi untuk menumbuhkan literasi teks dan visual untuk generasi LDII. Dan juga untuk dapat memfilter antara berita hoax dengan berita fakta,” tambah pemuda berumur 22 tahun tersebut.

Senada dengan Wicaksono, Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo mengungkapkan, acara diadakan untuk memilih mana informasi yang bersifat news. “Pelatihan Jurnalistik ini bertujuan agar peserta bisa memilah dan memilih informasi yang bersifat news maupun bukan news,” tutur Prasetyo.

Ia juga menambahkan agar peserta dapat menulis berita dengan singkat dan dapat menambah relasi melalui kegiatan ini. “Banyak manfaat dalam pelatihan jurnalistik, selain menambah relasi juga dapat melahirkan generasi muda LDII melahirkan penulis yang kredibel atau dapat dipercaya,” imbuh Ketua DPP LDII.

Harapannya, agar generasi muda LDII dapat memiliki minat membaca yang tinggi. Sehingga tujuan akhirnya, para generasi muda dapat menulis untuk membantu organisasi LDII mengembangkan website. Serta memperkenalkan bahwa generasi LDII adalah generasi yang unggul dan baik. (LINES)

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII