LDII Minta Ormas Dilibatkan Rekrutmen Politik

Jakarta, CyberNews. Ketua DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Praseto Sunaryo mengatakan guna meningkatkan kualitas para pemimpin di masa depan organisasi masyarakat (ormas) ikut dilibatkan dalam seleksi rekrutmen politik.
 

"Saat ini dalam pemilihan (pilkada/pemilu) terkesan sangat mementingkan kualitatif saja. Jadi siapa yang memiliki suara terbanyak dialah yang terpilih. Padahal kita juga menginginkan adanya seleksi kualitatif," kata Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo di Jakarta, Sabtu (21/6).

Prasetyo mengatakan masyarakat selama ini tidak pernah bisa mengetahui dengan jelas siapa-siapa yang dicalonkan oleh parpol. Dia menjelaskan yang bisa mengisi reformasi saat ini ada enam aktor utama yakni: parpol, kekuatan finansial, kekuatan birokrasi, pertahanan keamanan (TNI/Polri), media dan civil society (ormas dan LSM).

Namun dalam kenyataannya, tambah Prasetyo di setiap rekrutmen politik posisi ormas masih terpinggirkan. Prasetyo mengajukan gagasan agar ormas diberikan kesempatan untuk menyampaikan opini dan pendapatnya terhadap calon-calon yang diajukan parpol.

"Dengan demikian parpol akan memunculkan calon-calon yang berkualitas," kata Prasetyo. Namun Prasetyo juga mengingatkan bahwa untuk bisa melakukan hal tersebut, ormas juga harus memiliki data yang lengkap dan terus menerus memberikan masukan yang berkesinambungan.

(http://nuansaonline.net/index.php?option=com_content&task=category&sectionid=1&id=1&Itemid=2) 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII