Selayang Pandang Perkemahan Besar Sako Pramuka Sekawan Persada Nusantara

DIBUKA OLEH KA KWARNAS

Sako Pramuka LDII

Perkemahan Besar Satuan Komunitas Pramuka Sekawan Persada Nusantara yang berlangsung tanggal 23-26 Desember 2011 di lokasi Pusat Latihan Multi Fungsi POLRI, Cikeas-Jawa Barat dibuka secara resmi oleh Ka Kwarnas, Prof. Dr. H. Azrul Azwar, MPH didampingi Ketua Umum DPP LDII, Prof. Dr. Ir. H. Abdullah Syam, MSC. Pada acara pembukaan tersebut Ka Kwarnas menyampaikan pesan kepada para peserta untuk : 1. Mengikuti seluruh kegiatan dan arahan dari para Kakak Pembina maupun Panitia dengan sebaik-baiknya.

2. Menjaga kesehatan dan kondisi badan menghadapi cuaca pada selama perkemahan.
Adapun kepada Panitia Perkemahan dari Rintisan Sako Sekawan Persada Nusantara diharapkan dapat melaksanakan perkemahan sesuai susunan kegiatan yang telah disusun serta sebagai sarana untuk mengkonsolidasikan Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara dengan masing-masing Sako Daerah peserta dari Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Timur dan Sulawesi Tenggara.

Sako Pramuka LDII

Ka Kwarnas bersama Ketua Umum DPP LDII juga melaksanakan penanaman bibit pohon mangga secara simbolis di lokasi perkemahan yang diikuti oleh seluruh peserta perkemahan dengan menanam +/- 500 bibit pohon buah di sekitar lokasi perkemahan.
Selesai acara pembukaan Perkemahan Besar, dilanjutkan dengan ramah tamah di ruang transit antara jajaran DPP LDII dengan para pembina dan para peserta serta panitia perkemahan. Jajaran Pimpinan DPP LDII juga sempat berfoto dengan para peserta dan panitia dari Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali.

Sako Pramuka LDII

 

DITUTUP OLEH ASDEP KEMENPORA

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Perkemahan Besar telah berlangsung aman, selamat, lancar dan barokah. Akhirnya pada Hari Senin, 26 Desember 2011 acara Perkemahan Besar Sako Sekawan Persada Nusantara ditutup secara resmi oleh ASDEP BIDANG KEWIRAUSAHAAN PEMUDA KEMENPORA REPUBLIK INDONESIA, Kak Ir. H. Rathoyo Rasdan, MBA.

Pada upacara penutupan, Kak Rathoyo menyampaikan amanat yang meng-inspirasi para peserta perkemahan bahwa pramuka sekarang ini dalam menyanyikan lagu “disini senang disana senang” harus ditambahkan dengan “perutku kenyang” yang maksudnya bahwa pramuka sebagai generasi muda harus bisa mandiri. Hal ini sejalan dengan visi Sako Pramuka Sekawan Persada Nusantara untuk mewujudkan pembinaan generasi muda yang berilmu, berkhlak mulia dan mandiri.
Pada kesempatan tersebut Kak Rathoyo juga menyampaikan bahwa para peserta, khususnya yang masih bersekolah untuk dapat bersikap positif pada 3 lingkungan, yaitu: lingkungan sekolah, lingkungan extra sekolah dan lingkungan dunia maya. Artinya di lingkungan sekolah bisa jadi bintang pelajar, di lingkungan extra sekolah bisa mengikuti kegiatan yang positif seperti pramuka dan di lingkungan dunia maya dapat menggunakan untuk kebaikan dan hal yang positif.

Sako Pramuka LDII

TARGET SELANJUTNYA

Rintisan Satuan Komunitas Sekawan Persada Nusantara, untuk diakui sebagai Satuan Komunitas berbasis masjid dan pondok pesantren yang secara resmi dan legal di Indonesia masih memiliki beberapa target ke depan, diantara:
1.Mengkonsolidasikan Satuan Komunitas-Satuan Komunitas di Daerah-daerah sehingga tercapai 50% provinsi lebih.
2.Membentuk kepengurusan SAKONAS Sekawan Persada Nusantara sesuai amanah SK Kwarnas pada Tim 7.
3.Melaporkan hasil-hasil rintisan SAKO SPN kepada Kwarnas paling lambat Bulan Agustus 2011 agar dapat diresmikan sebagai SAKO pertama di Indonesia sesuai amanah UU No. 12/ 2010 tentang Gerakan Pramuka. ... (HMM 2011)

Sako Pramuka LDII


Oleh : Herlan Maulana

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • kegiatan yang positif membentuk karakter generus yang sudah seharusnya kita dukung dan sering sering kita adakan.
    salam pramuka
    semoga Allah selalu memberi tambah manfaat dan barokah. Amiin

    Comment last edited on about 2 years ago by Jhonie Pamungkas
    0 Like
  • Guest - Suleman

    Sebaiknya di kembangkan terus

    0 Like
  • Salam Pramuka..Pramuka dapat merubah karakter kedispilinan,kemandirian,dan kreativitas..<br /><br />ldii | DPW LDII Jawa Barat<br />

    0 Like
  • Guest - edy

    Yg Paling pokok dlm pramuka adalah KEBERHASILAN DLM MEMBENTUK KARAKTER sbb: DWISATYA,1. Menjalankan kewajiban terhadap Tuhan dan NKRI,dan menurut aturan keluarga.<br />2. Setiap hari berbuat kebaikan.<br />DWIDHARMA1. Siaga itu menurut ayah bundanya.<br />2. Siaga itu berani dan tidak putus asa.<br />Dasadharma<br />Pramuka itu:<br />1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.<br />2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.<br />3. Patriot yang sopan dan ksatria.<br />4. Patuh dan suka bermusyawarah.<br />5. Rela menolong dan tabah.<br />6. Rajin, terampil, dan gembira;<br />7. Hemat, cermat, dan bersahaja;<br />8. Disiplin, berani, dan setia;<br />9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya;<br />10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

    0 Like
  • Guest - Subandi batam

    Alkhamdulillah, berjalan lancar mdh2an bermanfaat, dan Barokah aamiin

    0 Like

Alamat Surat

DPP LDII
Jl. Tentara Pelajar No. 28
Patal Senayan 12210
Jakarta Selatan
Telp. 021-57992547, 0811 860 4544
Fax 021-57992950

dpw-se-indonesia

Informasi resmi dari DPP LDII melalui internet hanya disampaikan dari website resmi LDII - www.ldii.or.id. Informasi di media lain seperti wikipedia, blog, dll, yang menggunakan nama LDII belum tentu merupakan tulisan pengurus LDII maupun warga LDII.

GABUNG MAILINGLIST LDII