Sidoarjo (2/11). Pondok Pesantren (Ponpes) Al Barokah di Sruni naungan DPD LDII Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar upacara Hari Santri Nasional pada Selasa (22/10). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat wawasan kebangsaan di kalangan santri dan meningkatkan kesadaran mereka akan peran pentingnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Dalam sambutannya, Ketua Ponpes Al Barokah, Suarsis Sutedjo menjelaskan pentingnya Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Tanggal ini dipilih karena merujuk pada Resolusi Jihad yang dikeluarkan pada 1945, sebagai simbol peran penting santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Suarsis mendorong para santri untuk memaknai peringatan ini sebagai kesempatan refleksi diri terhadap kontribusi yang telah dan akan mereka lakukan untuk masyarakat.
“Kami harapkan momentum Hari Santri ini bisa dimanfaatkan santri untuk merefleksikan peranan mereka dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik di kehidupan bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara,” ujar Suarsis.
Lebih lanjut, Suarsis menegaskan komitmen Ponpes Al-Barokah sejak awal pendiriannya dalam mempersiapkan para santri sebagai juru dakwah, mubaligh, dan mubalighot yang profesional dan religius, “Selain berakhlak mulia dan berkarakter luhur, santri juga diharapkan memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, sebagai implementasi peran pesantren dalam pendidikan dan dakwah,” lanjutnya.
Untuk mewujudkan tujuan itu, Suarsis menekankan pentingnya ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan zaman, “Selain itu, kompetensi guru dan pengurus terus ditingkatkan guna mendukung semangat belajar santri dengan prinsip kedisiplinan, kejujuran, dan karakter luhur,” tuturnya.
Suarsis juga berharap para juru dakwah dapat menjadi “lentera” yang menuntun umat dari kegelapan menuju terang, “Kami menekankan pentingnya dakwah yang proaktif dan budi pekerti luhur serta kemampuan komunikasi yang baik agar pesan dakwah mudah diterima oleh masyarakat luas,” harapnya. (FWI/LS)