Jakarta (9/9). Nadia, Warga LDII Jakarta Barat berhasil meraih Juara pertama kompetisi “Juragan Jaman Now season 3”. Juragan Jaman Now melibatkan social entrepreneur untuk berkompetisi mempresentasikan usaha mereka di hadapan para panelis.
Nadia mengangkat produk Foodganic, yang merupakan usaha bumbu masakan kemasan yang praktis dan sehat. Ibu dua anak ini mengungkapkan, awal mengikuti acara tersebut melalui grup whatsapp komunitas UMKM yang membagikan link pendaftaran.
Perjalanan menuju puncak kompetisi itu melalui seleksi ketat dari pihak Metro TV hingga masuk 30 besar, para finalis akhirnya bertemu dalam grand final disiarkan di Metro TV.
Produk Nadia mencuri perhatian panelis melalui konsep bisnis yang memadukan keresahan ibu-ibu muda, yang tidak memiliki waktu dan keterbatasan kemampuan memasak namun harus tetap memasak. “Jadi saya itu tidak bisa masak, awal-awal menikah selalu dibekali bumbu masak oleh ibu saat ke Jakarta. Dan ternyata terbantu dalam menyiapkan bekal untuk suami saat awal pernikahan,” ucap Nadia.
Nadia menjelaskan, setelah mengikuti ajang kompetisi tersebut berkesempatan menambah ruang kolaborasi dan pertukaran ide bagi para inovator bisnis. Setiap peserta yang tampil di babak kompetisi juga berkesempatan mendapatkan modal tambahan, dan investasi senilai puluhan juta rupiah hingga miliaran rupiah. “Alhamdulillah bisa mendapatkan tambahan modal, dan menjadi peserta terjuragan, serta eksposure jadi makin dikenal, termasuk ada peluang investor yang mau masuk ke usaha foodganic,” ujar Nadia.
Nadia mengawali bisnisnya saat pandemi, di mana sebagian usaha justru gulung tikar. Namun, nyatanya penjualan Foodganic bisa bertahan, bahkan berkembang pesat hingga berhasil merambah masuk ke business to business horeka seperti Ismaya, Boga Group, dan beberapa jaringan restoran besar lain.
Nadia, sempat dilanda dilema waktu memutuskan untuk mendirikan bisnis Foodganic di saat orang-orang harus tinggal di rumah karena kebijakan lockdown, “Saat pandemi yang mana banyak orang yang baru belajar masak, saya dan suami memutuskan untuk usaha jualan bumbu. Dan karena waktu itu tidak bisa kemana-mana ternyata respon pasar positif hingga sekarang menjadi salah satu bumbu masak paling banyak terjual di toko online,” ungkap Nadia.
Perjalanan bisnisnya tidak melulu mulus. Nadia yang tidak mengerti seluk beluk bisnis menjadikan hal tersebut tantangan hingga kesuksesan di platform Shopee maupun Tokopedia. Satu hal yang tetap konsisten adalah semangat mereka untuk terus berkembang dan memastikan bahwa produk mereka tetap memenuhi standar kualitas yang tinggi.
“Kami learning by doing, awal usaha mendapatkan bintang satu di Shopee, kemudian kami cari tahu kendalanya, kenapa bisa begitu, dan kami selesaikan bersama. Alhamdulillah sampai bisa pada tahap ini,” ujar Nadia
Cerita perjalanan usaha Nadia dalam merintis Foodganic juga diharapkan bisa diikuti oleh generasi muda LDII. Dia memberikan beberapa tips memulai bisnis di antaranya just do it. “Cari produk yang sesuai dengan pasar, membuat produk yang merupakan solusi permasalahan, dan konsisten, serta percaya bahwa pengusaha punya rezekinya sendiri,” ujarnya.
Apa yang berhasil diraih Nadia diharapkan juga bisa menjadi pintu yang membuka jalan bagi UMKM Indonesia khususnya warga LDII yang memiliki usaha agar semakin banyak dikenal bahkan hingga mancanegara. “Yang penting, terus semangat karena rezeki harus dijemput dan diusahakan, kalo rezekinya banyak, Insya Allah pembelaan juga bisa semakin lancar,” tutupnya.