Lembaga Dakwah Islam Indonesia
No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • TENTANG LDII
    • 8 POKOK PIKIRAN LDII
    • SUSUNAN PENGURUS DPP LDII 2021-2026
    • HIMPUNAN KEPUTUSAN MUNAS LDII 2021
    • MATERI MUNAS IX 2021
    • FATWA MUI
  • VIDEO LDII
  • DAFTAR WEBSITE LDII
  • CONTACT
  • JADWAL SHALAT
  • LAIN LAIN
    • HITUNG ZAKAT
    • MATERI WEBINAR DPP LDII
    • SITEMAP
  • HOME
  • ORGANISASI
    • TENTANG LDII
    • 8 POKOK PIKIRAN LDII
    • SUSUNAN PENGURUS DPP LDII 2021-2026
    • HIMPUNAN KEPUTUSAN MUNAS LDII 2021
    • MATERI MUNAS IX 2021
    • FATWA MUI
  • VIDEO LDII
  • DAFTAR WEBSITE LDII
  • CONTACT
  • JADWAL SHALAT
  • LAIN LAIN
    • HITUNG ZAKAT
    • MATERI WEBINAR DPP LDII
    • SITEMAP
No Result
View All Result
Lembaga Dakwah Islam Indonesia
No Result
View All Result
Home Berita Nasional

Guru Juga Berperan Bentuk Karakter Profesional Religius

Admn by Admn
November 25, 2020
in Berita Nasional, Nasional
1
Guru Juga Berperan Bentuk Karakter Profesional Religius

ilustrasi: taylor/unsplash

159
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on WhatsApp

Lines (25/11). Guru/Mubaligh/Mubalighot merupakan salah satu stakeholder dalam pembentukan karakter profesional religius. Pendidikan karakter bukanlah materi ajar biasa, seperti halnya mengajarkan suatu konsep teori, prosedur, ataupun fakta seperti dalam mata pelajaran. Namun, harus dipelajari, digunakan, dipraktikkan, dicontohkan, diperlihatkan dalam tindakan perilaku yang bisa dirasakan oleh seluruh stakeholder pendidikan. 

DPP LDII melansir platform e-learning pondokkarakter.com, yang berfokus pada pembangunan karakter profesional religius pada Selasa (24/11) lalu. Salah satu narasumber Dr. Siti Nurannisaa P.B., S.Sn., M.Pd. mengatakan bahwa platform e-learning pondokkarakter.com memiliki enam kategori, mulai dari guru, orang tua, pamong, tenaga kependidikan, kepala sekolah dan pengelola yayasan. Salah satu stakeholder yang berperan adalah guru.

“Guru memiliki peran dalam memberikan pembelajaran, membimbing, mengarahkan, mengembangkan dan mengamalkan,” katanya. 

Sehingga guru memiliki andil besar dalam program pendidikan karakter kehidupan keseharian dalam lingkungan belajar. “Perlu pembiasaan terintegrasi dalam seluruh aktivitas pembelajaran, mulai dari kegiatan mengaji, mengamalkan, mendakwah, menumbuhkan semangat dan ketaatan,” ujarnya. 

Tiga hal yang dibangun dalam pendidikan karakter adalah model pembelajaran, psikologi pembelajaran dan lingkungan pembelajaran yang dipadukan sebagai metode pembiasaan pembelajaran. 

Model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Dalam model pembelajaran terdapat strategi, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. 

Agar penerapan model pembelajaran dapat optimal, narasumber pakar pendidikan lainnya Dewi Ilma Antawati, S.Psi., M.Psi. mengatakan bahwa guru perlu memahami psikologi pembelajaran dengan memahami karakteristik tahapan usia peserta didik. 

“Misalnya anak usia dini dengan psikologi senang bermain, dan anak usia remaja dengan psikologi lebih suka berdialog,” ungkapnya. 

Psikologi pembelajaran mengacu pada pengetahuan tentang karakteristik perkembangan peserta didik, prinsip belajar, dan faktor yang mempengaruhi proses belajar. 

R. A. Dian Resita I. K-J, S.Sn, M.Sn. mengungkapkan bahwa untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dari awal membuka kelas hingga akhir pembelajaran, membutuhkan keterampilan khusus. “Selain perlu memahami teori, kemudian perlu berlatih dan mempraktikannya sehingga seluruh siswa siap menerima materi ajar dengan baik,” jelasnya. 

Melihat hal tersebut maka peran guru menjadi salah satu faktor penting dalam mentransformasi pendidikan karakter. 

“Perencanaan kegiatan belajar yang dikelola dengan baik dapat menstimulasi siswa aktif menumbuhkan karakter melalui berbagai kegiatan belajar, baik di dalam maupun luar kelas melalui proses belajar yang kreatif dan menyenangkan,” ungkapnya. 

Seperti halnya menanam tanaman, ada proses yang harus dilakukan secara terus menerus sampai akhirnya buah dan bunganya muncul. “Targetnya bukan pada hasil akhir, namun pada sejauh mana konsistensi proses pembiasaan penanaman karakter dilakukan,” ujarnya. (Fredi/ LINES)

Share this:

  • Facebook
  • Twitter
  • WhatsApp
  • Telegram
Tags: gurukarakterldiimendidikmubalighpendidikanpondokkarakterprofesionalpsikologireligius

Comments 1

  1. Imam Sujarwanto says:
    3 years ago

    Terobosan bagus, sangat strategis dalam membentuk generu yang profesional religius.

    Reply

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KOMENTAR TERKINI

  • patih gottawa on Hadiri Compas 2023 LDII Siap Kolaborasi dengan Bakesbangpol Bogor
  • patih gottawa on Hadiri Compas 2023 LDII Siap Kolaborasi dengan Bakesbangpol Bogor
  • Achmad Siswanto on Gubernur Apresiasi Pelaksanaan Muswil VII LDII Riau
  • Anis on Kisah Shanti yang Berhasil Raih Gelar Women International Master Catur
  • Sam Rusydi on Kisah Shanti yang Berhasil Raih Gelar Women International Master Catur
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Bupati Halikinnor Apresiasi Kontribusi LDII Kotim Membangun Karakter Generasi Muda

Bupati Halikinnor Apresiasi Kontribusi LDII Kotim Membangun Karakter Generasi Muda

August 2, 2022
Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, LDII Kotawaringin Timur Peringati HUT RI

Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, LDII Kotawaringin Timur Peringati HUT RI

August 19, 2022
Tembus Rp400 Miliar, Begini Cara Warga LDII Berkurban

Tembus Rp400 Miliar, Begini Cara Warga LDII Berkurban

August 2, 2020
Ridwan Kamil: Saya Salut LDII Sudah Berikhtiar menjadi Agen Pembangunan Bangsa

Ridwan Kamil: Saya Salut LDII Sudah Berikhtiar menjadi Agen Pembangunan Bangsa

December 24, 2020
Ponpes Wali Barokah Adakan Asrama Alquran Secara Online Sepanjang Ramadan 1444 H

Ponpes Wali Barokah Adakan Asrama Alquran Secara Online Sepanjang Ramadan 1444 H

74
Tembus Rp400 Miliar, Begini Cara Warga LDII Berkurban

Tembus Rp400 Miliar, Begini Cara Warga LDII Berkurban

73
Tanpa Pancasila, NKRI Ambruk

Tanpa Pancasila, NKRI Ambruk

44
Mengenang KH Kasmudi Asshidiqie, Wanhat DPP LDII yang Rendah Hati

Mengenang KH Kasmudi Asshidiqie, Wanhat DPP LDII yang Rendah Hati

37
Hari Lahir Pancasila

Ponpes Baitussalam dan SMP Citra Insan Mulia Terapkan Nilai Pancasila

June 1, 2023
Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila Jadi Momentum Ponpes Minhajusshobirin Wujudkan Santri Berkarakter Kebangsaan

June 1, 2023
Hadiri Compas 2023 LDII Siap Kolaborasi dengan Bakesbangpol Bogor

Hadiri Compas 2023 LDII Siap Kolaborasi dengan Bakesbangpol Bogor

June 1, 2023
Peringati Hari Lahir Pancasila, Ponpes Minhaajurrosydin Gelar Upacara Bendera

Peringati Hari Lahir Pancasila, Ponpes Minhaajurrosydin Gelar Upacara Bendera

June 1, 2023

DPP LDII

Jl. Tentara Pelajar No. 28 Patal Senayan 12210 - Jakarta Selatan.
Telepon: 021-57992547 / 0811-8604544

SEKRETARIAT
sekretariat[at]ldii.or.id
KIRIM BERITA
berita[at]ldii.or.id

BERITA TERKINI

  • Ponpes Baitussalam dan SMP Citra Insan Mulia Terapkan Nilai Pancasila June 1, 2023
  • Hari Lahir Pancasila Jadi Momentum Ponpes Minhajusshobirin Wujudkan Santri Berkarakter Kebangsaan June 1, 2023
  • Hadiri Compas 2023 LDII Siap Kolaborasi dengan Bakesbangpol Bogor June 1, 2023

NAVIGASI

  • Home
  • Contact
  • Sitemap
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • NUANSA PERSADA

KATEGORI

Kirim Berita via Telegram

  • Home
  • Contact
  • Sitemap
  • Jadwal Shalat
  • Hitung Zakat
  • NUANSA PERSADA

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.

No Result
View All Result
  • HOME
  • ORGANISASI
    • TENTANG LDII
    • 8 POKOK PIKIRAN LDII
    • SUSUNAN PENGURUS DPP LDII 2021-2026
    • HIMPUNAN KEPUTUSAN MUNAS LDII 2021
    • MATERI MUNAS IX 2021
    • FATWA MUI
  • VIDEO LDII
  • DAFTAR WEBSITE LDII
  • CONTACT
  • JADWAL SHALAT
  • LAIN LAIN
    • HITUNG ZAKAT
    • MATERI WEBINAR DPP LDII
    • SITEMAP

© 2020 DPP LDII - Managed by KIM & IT Division.