Composed By Ranie Dewiyanti
Apa yang menjadikan seseorang lebih baik dari orang lain selain dirinya? Pendidikannya? Nenek moyang & kebangsawanannya? Posisinya di dalam masyarakat? Status ekonominya? Kepahaman agamanya? Atau kedermawanannya?
Bagi saya semua relative dan tidak absolute. Saya tidak bicara dari sudut keyakinan yang saya anut, karena teman-teman saya sangat beragam dan saya tidak berhak menyatakan orang-orang terbaik adalah orang-orang yang bisa menjalani hidup sesuai dengan keyakinan saya.
Saya akan membiarkan hal itu sebagai standar bagi diri sendiri dan lingkungan dimana saya menjalani kepahaman itu bersama-sama. Tapi seseorang yang lebih baik menurut saya, adalah seseorang yang memang akan dinilai baik oleh semua pihak atau setidaknya sebagian besar masyarakat di lingkungannya.
Padahal, konon “yang baik itu belum tentu benar”.
Bicara tentang kebenaran, lagi-lagi kita menemukan makna bahwa tidak ada kebenaran yang absolute dan paling justify selain kebenaran dariNya. Lalu kita bicara kebenaran dariNya akan dikaitkan dengan kepercayaan tiap orang mengenai kebenaran itu sendiri juga dari kacamata keyakinan yang dianutnya.
Teori relativitas kembali berperan di sini. Karena ternyata kebaikan seseorang selalu terdefiniskan melalui kriteria-kriteria kepahaman/keyakinan yang dianutnya. Dengan segudang pembatasan sebagai borderline yang bisa membuat orang yang baik tetap menjadi orang yang baik. Karena begitu borderline itu dipatahkan atau dilewati, predikat orang yang baik bisa hancur seketika. Kadang-kadang tanpa memperhitungkan nilai-nilai kebaikan lain yang masih dimiliki orang itu, yang masih ada dalam garis pembatas. Biasanya hal ini berkaitan langsung dengan opini public terhadap bobot kebaikan itu sendiri.
Makanya, apapun itu … dari pandangan di atas, dengan adanya kita hidup berdampingan dalam keberagaman, kebaikan dan kebenaran bersifat relative dan tidak absolute. Pertimbangannya selalu berdasarkan norma dan lagi-lagi keyakinan yang nantinya akan berkembang hanya di satu lingkungan.
So….
Dalam hal ini menurut hemat saya, kita memerlukan sebuah terminology kebaikan yang bersifat universal dan justify di mata semua pihak. Yang tidak akan luntur atau diragukan karena unsure-unsur bersifat pribadi yang dimiliki setiap individu. Apapun kedudukannya, pendidikannya, status ekonominya, suku bangsanya, jenis kelaminnya dan agamanya… orang tersebut tetap menjadi orang yang baik di mata semua orang.
Tentu saja hal ini sudah juga dipikirkan, dibentuk dan diterapkan oleh para pakar sosiologi kemasyarakatan. Hanya saja, dalam kurun waktu yang menjadi pengamatan saya…kebaikan yang universal tersebut tidak lagi dapat diterapkan dengan optimal. Semua melakukan kebaikan atas dasar kebaikannya sendiri, mendefinisikan perjuangan mempertahankan kebenaran dengan caranya sendiri dan melupakan keberadaan orang lain di sekelilingnya. Atas dasar value yang dipatoknya, bahkan nyawa manusia lain tidak lagi masuk dalam standar kriterianya.
Parahnya, kejadian-kejadian yang berkaitan dengan hal tersebut mempunyai dampak yang kurang lebih sama dengan apa yang dilakukannya.
Yaitu mengundang reaksi dari pihak lain yang tidak “sepaham”
dengannya. Maka terjadilah kompetisi sangat tidak sehat antar masyarakat notabene antar keyakinan (bukan hanya agama) di dalam masyarakat. Lalu semua terpecah belah dan akhirnya … mimpi hidup berdampingan dengan damai melalui wacana dan era ‘globalisasi’ (yang disosialisasikan selama lebih dari 5 tahun lalu) tidak akan pernah terwujud.
Hmmm….
Kenapa kita tidak berpikir secara global pula? Bahwa apa yang kita lakukan di situasi dan jaman seperti ini ditujukan bagi semua umat manusia di dunia. Semua umat manusia…terlepas dari diskriminasi yang memang tidak akan ada habisnya hingga akhir jaman.
Well, kembali kepada pertanyaan ‘siapakah orang yang dinilai lebih baik ?’ di atas, saya kira sangat relevan bila saya katakan bahwa dia adalah orang yang memahami kebaikan yang bersifat universal. Atau orang yang baik dalam pandangan orang secara keseluruhan. Berguna bagi lingkungannya di mana saja dia berada, dapat diterima oleh semua orang di mana saja dia berada serta melakukan banyak hal bagi siapa saja yang ada di sekitarnya.
Dan ternyata, setiap orang memiliki modal utama untuk dapat menjadi seperti itu… modal yang diberikanNya pada kita sebagai pembeda antara kita dengan hewan dan mahluk lainNya, yaitu HATI.
Dengan memiliki HATI sebagai asset utama, maka kebaikan yang bersifat universal tidak perlu lagi dipertanyakan. Karena dengan HATI kita memiliki CINTA, KASIH, WELAS ASIH, TOLERANSI, DERMAWAN DAN KESABARAN sebagai nilai-nilai kebaikan yang mendekati absolute serta diterima oleh semua orang.