Sebanyak 98% perusahaan merasa sukses mendapat karyawan dari situs Linkedin. Sedangkan yang merasa berhasil mendapatkan orang yang sesuai dari Twitter hanya 42%, dan dari Facebook 33%. Fakta ini tidak terlepas dari fungsi social media yang bersangkutan. Linkedin memang mengkhususkan di bidang layanan social media bagi para pekerja professional untuk meningkatkan karier atau para pebisnis yang mencari rekan bisnis dan kandidat karyawan. Sedangkan Twitter dan Facebook adalah social media dengan skup yang lebih luas.
Kenapa perusahaan berminat merekrut karyawan dari social media? Alasannya cukup bervariasi. Selain menghemat biaya, dapat membuat brand-nya lebih dikenal, dan mampu lebih tepat sasaran dalam merekrut karyawan yang sesuai kriteria mereka. Perusahaan perekrut merasa dengan social media maka mereka lebih terkoneksi dengan orang-orang yang memang pas dengan segmennya.
Saat melakukan pencarian kandidat karyawan, hal yang paling menarik perhatian dari para perekrut adalah profesi orang yang bersangkutan, dan foto profil mereka. Maka, jangan segan-segan memamerkan profesi dan foto diri yang menarik dan mencerminkan profil dirimu. [Internet Sehat]